Selamat Datang By JoeFrigerio

Menu

Animated Buttons - "Pressed Effect"

...

Slideshow

Automatic Slideshow

Change image every 3 seconds:

1 / 3
Bahagia Itu Sederhana
2 / 3
Beriman Itu Sederhana
3 / 3
Hidup Penuh Syukur

Rabu, 13 Juni 2018

Fakta Unik Piala Dunia, Anda Harus Tahu


Gelaran Piala Dunia Russia 2018 getarannya makin kuat terasa. Panggung hebat ini tidak hanya dinanti para pemain dan pelatih yang terlibat tapi juga dinanti publik sepak bola sejagad. Sebelum menyaksikan laga demi laga,  ada baiknya anda perlu tahu beberapa fakta unik Piala Dunia. Seperti apa?

1. Tahukah anda hanya terdapat dua tim yang memberikan anomali pada hajatan terakbar sepak bola dunia yakni Jerman dan Brazil. Brazil melakukan ya ketika menjuarai di tanah Eropa (Swedia) tahun 1958 dan Jerman melakukannya 4 tahun silam di Brazil. Selebihnya,  negara Eropa menjuarai di Eropa dan Amerika menjuarai di benua Amerika.
Selain hal tersebut,  hanya Brazil dan Jerman yang mencapai babak final Piala Dunia tiga edisi berturut-turut. Jerman melakukannya di tahun 1982,1986, dan 1990. Brazil melanjutkannya dari tahun 1994,1998, dan 2002.

2. Sejak 1930 hingga kini daftar juara hanya dikuasai oleh tim-tim yang berasal dari dua benua yakni Eropa dan Amerika. Kehadiran Asia, Afrika,  dan Australia sejauh ini hanya pengembira. Dari ketiga benua tersebut Asia paling unggul dari sisi prestasi karena pernah mencapai semifinal diikuti Afrika kala Kamerun 1990 dan Ghana 2010 mencapai perempat final.

3. Ada dua tim yang menjadi juara dunia dua edisi beruntun.  Piala Dunia yang digelar sejak 1930 ini memang unik. Nyatanya,  ditengah dominasi sebuah negara hanya terdapat dua tim yang mampu meraih trophy dua kali berturut-turut.  Dua tim itu adalah Italia dan Brazil. Italia melakukannya di Piala Dunia 1934 dan 1938 sedangkan Brazil melakukannya di tahun 1958 dan 1962.

4. Hanya ada dua negara yang mampu back to back untuk bertemu di partai puncak dua edisi berturut-turut.  Pertemuan pertama di Mexico 1986 dan dilanjutkan 4 tahun kemudian di Italia. Dua negara tersebut adalah Jerman dan Argentina. Uniknya kedua tim berbagi gelar dengan saling mengalahkan di dua edisi itu.

5. Hanya dua tim yang tampil sebagai runner up beruntun.  Belanda melakukannya tahun 1974 dan 1978. Jerman pun melakukannya tahun 1982 dan 1986. Uniknya Belanda gagal dari dua tuan rumah sedangkan Jerman gagal dari dua tim dengan kostum berdominasi biru.

5. Tidak pernah terjadi duet final sesama tim benua Amerika jika Piala Dunia digelar di Eropa. Demikian pula sebaliknya, ketika digelar di Amerika tidak pernah terjadi duet finalis dari tim Eropa.

6. Spanyol adalah tim pertama dan satu-satunya diluar tim dengan dominasi kostum putih, kuning, dan biru yang mampu merajai dunia.

7. Dua kali beruntun finalis sesama tim Eropa. Sebanyak 20 kali gelaran Piala Dunia final sesama tim Eropa terjadi dua kali beruntun yakni di tahun 1934 dan 1938 serta 2006 dan 2010.

8. Skema 12 tahunan Italia patah.
Skema 12 tahunan Italia kini telah berakhir seiring siklus Piala Dunia yang sudah rampung saat Italia keluar sebagai juara dunia 2006 sekaligus menutup siklus tersebut. Skema 12 tahunan final yang dimulai 1970 berakhir sudah. Terbukti,  Piala Dunia 2018 seharusnya final  menjadi milik Italia. Namun faktanya Italia tidak berhasil mencicipi rumput Piala Dunia di Russia.

9. Seiring berakhirnya sebuah siklus/pola biasanya memunculkan siklus/pola baru yang bila dilihat secara seksama memiliki korelasi dengan pola sebelumnya. Siklus/pola 12 tahunan yang berakhir pada timnas Italia mewujud dalam diri timnas Jerman yang diawali 1990 saat Piala Dunia digelar di Italia. Siklus/pola ini setidaknya terbentuk sampai dengan gelaran Piala Dunia terakhir yang digelar di Brazil 4 tahun silam.

Inilah beberapa fakta unik terkait Piala Dunia. Semoga sajian fakta-fakta ini mampu memberi anda sedikit pencerahan sembari menyaksikan laga hot dari panggung tertinggi sepakbola sejagad.

Aleichem Shalom,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar