Selamat Datang By JoeFrigerio

Menu

Animated Buttons - "Pressed Effect"

...

Slideshow

Automatic Slideshow

Change image every 3 seconds:

1 / 3
Bahagia Itu Sederhana
2 / 3
Beriman Itu Sederhana
3 / 3
Hidup Penuh Syukur

Minggu, 03 November 2019

Bukan Aku Tapi Dia

Bukan aku tapi dia. 
Dalam kehidupan ini seringkali kita melontarkan kalimat atau pun bersikap seperti ini ketika kesalahan atau pun kekeliruan datang menghampiri. Saya pun demikian. 

Bukan aku tapi dia adalah bentuk self defense mechanism sekaligus rupa ego dengan menghindari dari kesalahan yang tertuju, juga sebuah bentuk 'cuci tangan' dari kesalahan yang terjadi walau pun sebenarnya bagian dari proses kesalahan itu sendiri. Bukan aku tapi dia tanpa disadari sebenarnya merupakan bentuk pengingkaran pada riwayat kehidupan. 

Bukan aku tapi dia sudah merupakan bagian integral manusia bahkan sejak penciptaan dunia ini.  Jadi tak perlu heran dan kaget bila menemui diberbagai kesempatan selalu saja ada orang berlaku seperti itu. Masih ingat kisah Adam dan Hawa? Adam mengatakan bahwa Hawa-lah yang menyuruhnya makan buah terlarang. Hawa malah menuding ular sebagai penyebabnya. 

Bukan aku tapi dia sesungguhnya merupakan ujian terbesar dan salah satu yang terberat dalam diri manusia ketika dihadapkan pada persoalan atau pun kesalahan yang diperbuat. Butuh jiwa besar dan kerendahan hati untuk mengakui dan mengatakan bukan dia tapi aku saat kesalahan menghampiri. Tidak gampang memang! Apalagi bila hanya bermodalkan kualitas iman yang receh dan ecek-ecek.
Yang mudah dan paling sering terlihat hanyalah ketika keberhasilan datang lalu dengan gagah berani lantang bicara bukan dia tapi aku.

Akh....
Tulisan ini begitu dangkal dan buruk. Bukan dia yang menulis tapi aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar